Minggu, 12 Oktober 2008

Badrun Menalar Ajaran Sang Guru dengan VAKOG

Ahhh.. kenapa aku - Badrun masih belum mudeng juga .. kok bisa ? kok bisa? Kok gitu .. ? Badrun sibuk pijit-pijit kepala .. sudah sebulan Badrun mikir pe-er dari sang guru .. Badrun ditugaskan menalar ajaran sang guru. Disuruh melatih - mengasah SDM, VAKOG.

Itu Pak Guru apa nggak salah .. mana bisa? Nggak masuk akal .. masa ada kentut bau wangi .. ketemu berapa perkara ??? aku udah coba bolak-balik .. masih bau tuh .. malahan tambah pekat en nggliyeng .. gimana maksud melatih dan mengasah VAKOG ???

Masa tingkat spiritual dicirikan sama bau kentut .. haahhhhh, ada-ada saja .. sebenarnya siapa yang bodo yah .. ahhh, aku harus mampu menalar ajaran sang guru, aku harus paham apa itu VAKOG.

Dengan kepala pening dan takut karena belum ketemu jawabannya, Badrun malam itu pukul 12 meluruk kerumah sang Guru yang jauh di pelosok, menembus kabut tebal, dilereng gunung.

Yah, dia harus balik ke sana, setelah sebulan mendapat pe-er dan harus meneruskan pelajarannya. Malu sebenarnya, tapi apa boleh buat, dia ingin segera lulus, ingin sanggup menalar ajaran sang guru.

“ Mbah Muk , saya belum bisa, belum mampu, masih bau ..” dengan polos Badrun melapor.

“Hmmm .. apa pe-er mu ? apa yang masih bau ?”

“ Itu mBah Muk, level ku .. maqomku belum naik”

“ Kok kamu tahu Drun ..?”

“ Njih Mbah Muk, kentutku masih bau ..”

“Apa hubungannya kentutmu sama maqommu ???”

“ Lha ?! mBah Muk kepriben sih, .. kan bulan lalu aku nanya .. kepriben isa ngerti kalau maqomku sudah tinggi, kalau tingkat spiritualitas ku sudah tinggi? “

“ Njenengan bilang, .. cirine kalau kentut sudah wangi”

“Ooooohhhhh … itu toh .. dadi piye, wis ngerti? Sudah tajam VAKOG mu ??? ”

“Urung mbah Muk, sih mambu …” “ wis dicoba segala cara, lha aku temui ahli gizi-pangan, diet makan – eksperimen,.. seh tetep mambu mbah. Ora ngerti opo kuwi hubungan dengan VAKOG”

“Hmmm .. kowe ancene pinter .. terlalu pinter .. makane dadi keminter .. keblinger ..”

??????????? … Badrun tambah pusing .. tambah mikir .. “Jadi gimana mbah Muk biar kentutku wangi ????”

“Dasar cah kakehan mangan sekolahan .. wis kene .. aku turunkan pelajarane ! Amati VAKOG” “Matikan lampu!!!”

Weh, Badrun terlonjak, girang sekali dia, akhirnya yang ditunggu .. nggak salah dia berkorban malam-malam, jauh-jauh .. dalam dinginnya udara menusuk tulang.
Akhirnya dia akan mampu menalar ajaran sang guru, kenal dengan VAKOG.

“ Sini .. mendekat .. tambah dekat .. coba amati VAKOG ne .. tenanan kosentrasi .. tutup mata”

“Jaga-jaga ..visualisasi sing apik-apik .. sing kepenak .. bidadari turun ke mall apa … apa saja terserah “

“Iya mbah .. visualisasi wis mantep .. hhmm penak tenak”

“Oke good cah .. siap yah”

“Buuzzzz ….”

“Auditory udah ketangkep mbah .. “ weh , elmunya sudah datang .. seneng sekali Badrun

“walah .. opo iki mBah. …”

“Opo ..”

“Kie mBah Muk .. KOG-e’ kok bikin merinding .. arep muntah aku”

“ Jan tenanan .. ora tahan aku”

Badrun mikir .. iki mahluk opo seng teko .. busyet ..

“ Tahan apa nggak .. kalau nggak nyerah saja”

“Wah nggak mbah, aku sudah tekad nih .. sudah bulat.. tapi … hhaaaaahhhhh”
Bruuukkk ……….. Badrun semaput.

Si Mbah .. buru-buru ke WC ..

Alfriz Hendrawan

Tidak ada komentar: